Mau Tahu Cara Menjaga Kualitas Udara agar Tetap Sehat di Dalam Rumah? Ini dia Tipsnya

Mau Tahu Cara Menjaga Kualitas Udara agar Tetap Sehat di Dalam Rumah? Ini dia Tipsnya

Anda pastinya sangat sering membersihkan rumah, namun apakah Anda yakin kualitas udaranya terjaga?

Udara yang segar dan bersih akan sangat menyegarkan pernapasan dan mendatangan banyak manfaat untuk kesehatan, maka dari itu perlu dilakukan perubahan untuk menjaga kualitas udara di mulai tempat kita tinggal yaitu rumah.  Mari kita simak terlebih dahulu mengenai manfaat udara yang bersih bagi kesehatan.

1. Saluran Pernafaasan Menjadi lebih Sehat

Seperti kita telah ketahui bahwa polusi udara merupakan masalah besar yang menyebabkan berbagai macam penyakit bagi kesehatan yang berhubungan dengan pernapasan sepert Infeksi Saluran Pernapasan (ISPA), Asma, Paru-paru basah, serangan jantung dan lainya. Dalam skala yang kecil, udara yang kotor dapat mengakibatkan sesak napas, batuk, menumpuknya lendir di jalan napas, dan lainnya. Dengan udara yang bersih dan terjaga kualitasnya, kita bisa menurunkan risiko penyakit diatas.

2. Memperpanjang Usia

Berdasarkan riset dari Global Alliance On Health And Pollution (GAHP) menyebutkan bahwa polusi udara menyumbang 40% kematian dunia dengan angka kematian 3,4 juta pada 2017. Dengan menjaga kualitas udara tetap bersih dan segar serta minim dari paparan gas beracun maka angka kematian tersebut bisa dicegah.

3. Membantu Tubuh lebih Segar dan Tetap Fokus

Dengan terbiasa menghirup udara yang bersih dan segar maka tubuh akan lebih berenergi dan dapat beraktivitas secara prima. Selain itu, dengan menjaga kualitas udara yang tetap bersih dan sehat, akan membantu otak untuk tetap fokus.

4. Membuat lebih Tenang

Udara yang bersih juga berpengaruh pada kesehatan mental sehingga tidak mudah stress dan lebih rileks.

Lalu, bagiamana cara agar kualitas di dalam rumah dapat terjaga?Berikut ini merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan:

1. Bersihkan Rumah secara Menyeluruh dan Rutin

Untuk menjaga kebersihan udara di dalam rumah tidak hanya soal membersihkan debu di lantai, tapi harus dilakukan secara menyeluruh dan rutin dilakukan misalnya seperti membersihkan karpet dengan menggunakan alat penyedot debu dan rapihkan barang yang berantakan karena hal barang yang tidak dirapihkan akan menyebabkan penumpukan debu dan jamur. Ketika membersihkan rumah secara menyeluruh dilakukan secara rutin yaitu satu minggu sekali.

2. Tanaman yang diletakkan di Luar Rumah

Mengoleksi tanaman memang menjadi hobi yang menyenangkan, selain itu tanaman juga bisa menjadi oksigen bagi tubuh. Namun tanaman yang disimpan di dalam rumah berisiko memicu perkembangan jamur yang menjadi sumber polusi di dalam rumah. Apalagi jika Anda mudah mengalami alergi, sebaiknya tanaman di simpan di luar rumah.

3. Jendela yang dibuka Setiap Hari

Dengan membuka jendela rumah setiap hari khususnya di siang hari, hal tersebut berguna agar udara kotor yang ada di dalam bergerak keluar sehingga sirkulasi udara menjadi lancar agar kualitas udara di dalam rumah terjaga.

Beberapa tips diatas dapat dilakukan agar kualiatas udara di dalam rumah tetap terjaga, rekomendasi lainnya adalah tinggal di lingkungan yang alami sehingga Anda bersama keluarga dapat menghirup udara yang bebas dari polusi dengan lingkungan yang nyaman.